Rabu, 08 Mei 2013

Tugas Komunikasi Antar Manusia analisis film di Semester 2


ANALISIS PROSES KOMUNIKASI DALAM FILM
THE GODS MUST BE CRAZY II





Oleh:
Firqoh Fasiha Ohoirenan
Nim : (12730071)




Ilmu Komunikasi (B)
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
2  0  1  3

THE GODS MUST BE CRAZY PART II

Di dalam Film ini menceritakan tentang kisah kehidupan suku Bushman, Kalahari dimana daerah tersebut gersang dan jarang ada air. Hanya suku Bushman yang mampu hidup tanpa air..
Banyak sekali  rintangan yang dihadapi Dr. Annie dan Dr. Steven untuk bisa kembali ke kota, begitupun dengan Xixo. Ia berusaha keras mencari kedua anaknya


KOMUNIKASI  ANTARA ANNIE DUNGUN JACK
Pada saat itu Dr. Annie sedang mempelajari makalah. Jack melakukan pendekatan kepada Annie dengan melakukan encoding yang diungkapkan lewat ajakan Jack untuk naik pesawat terbang. Annie men-decoding pesan dari Jack, dan memberikan respons bahwa ajakan itu dirasa tidak perlu diterima. Namun ketika Jack mengajak Annie berbincang, mereka terpaut dengan dialog yang mereka bicarakan dikarenakan Jack dan Annie mempunyai Frame of Reference dan field of experience yang sama yang menghasilkan over lapping of interest pada keduanya. Dan tujuan awal dari Jack dapat tersampaikan dengan baik, terwujud dengan Annie menerima ajakannya untuk lepas landas bersama.



KOMUNIKASI ANTARA XIXO, XISA, XIRI
 Xixo, Xisa, dan Xiri saat melihat gajah yang hampir mati. Xixo melakukan proses encoding yang ingin disampaikan kepada Xixo dan Xiri yang berisikan perintah agar kedua anaknya pulang dan mengabarkan kepada keluarganya bahwa ada gajah mati. Keduanya dapat menerima pesan itu dengan benar karena antara Xixo dengan anaknya memiliki frame of reference dan field of experience yang sama. Pada proses ini, Xixo sebenarnya mempunyai frame of reference dan field of experience yang lebih tinggi dari pada kedua anaknya, namun dia harus mengalah atau menurunkan tingkat pengalamannya itu agar menjadi posisi Homophily agar pesan dapat tersampaikan dengan baik. Dengan begitu over lapping of interest bisa terjadi dan berakibat komunikasi bisa berjalan dengan efektif yang dibuktikan dengan kedua anak Xixo melakukan seperti apa yang dikehendakinya.

KOMUNIKASI ANTARA DR. ANNIE DENGAN DR. STEVEN
Ketika Dr. Annie dan Dr. Steven tersesat. Dasarnya kedua manusia ini mempunyai pengalaman dan kerangka pikir yang berbeda (heterophily). Setiap Steven mengirimkan message selalu tidak bisa diterima Annie dengan baik. Dalam proses decoding dan encoding keduanya tidak bisa menyatu karena perbedaan field of experience dan frame of reference keduanya tidak menemukan over lapping of interest. Namun perlahan mereka menemukan kesamaan frame of reference dan field of experience. Pemahaman keduanya adalah dokter dan sama-sama tersesat yang mengawali overlapping of interest sehingga mereka bisa berinteraksi dengan baik dan mulai bekerja sama agar bisa menemukan jalan keluar permasalahannya.

KOMUNIKASI ANTARA DR. ANNIE DENGAN XIXO

Komunikasi ini terjadi saat Dr. Annie terpisah dengan Dr. Steven. Dr. Annie bertemu dengan Xixo. Tapi keduanya tidak bisa berinteraksi dengan baik, karena antara tidak bertemunya overlapping of interest.  Frame of reference dan field of experience tidak bertemu, dikarenakan keduanya berasal dari beda daerah ditambah dengan perbedaan lingusitik yang digunakan. Ini berakibat ketika salah satu mengirimkan pesan tapi yang lain tidak bisa memahami atau memahamkan. Pada hal itulah yang membuat pesan itu tidak sampai.
            Namun dengan field of experience dan frame of reference yang tinggi, Dr. Annie berinisiatif untuk menyusun sandi dengan membuat simbol yang berisi permintaan tolong kepada Xixo. Xixo bisa menerima menerima pesan itu dengan baik karena sekarang sudah terjadi homophile antar keduanya. Xixo mampu men-decoding simbol yang di-encoding Annie. Simbol itu diterjemahkan dengan baik bahwa gerakan itu sebagai tanda bahwa Annie minta tolong. Dengan  bantuan simbol itulah, akhirnya pesan yang ingin disampaikan dapat sampai.

KOMUNIKASI ANTARA GEORGE DAN TEMAN NYA

Komunikasi ini terjadi di dalam mobil. Pesan yang disampaikan oleh George kepada temannya jelas dapat tersampaikan dengan baik karena frame of reference dan field of experience yang sama karena mereka berasal dari pekerjaan maupun berkembang dengan keadaan yang sama. Berakibat pada over lapping of interest. Dalam percakapan mereka dalam berkomunikasi tidak ada gangguan apapun dan pesan dapat diterima dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar